Tuesday, June 16, 2015

Low Level Format



Low Level Format adalah melakukan Zero Fill hardisk agar dapat dikembalikan ke Factory Default atau standart pabrik, LLF yang dilakukan kurang hati-hati dapat merusak hardisk secara permanent, secara umum sebenarnya Low Level Format berfungsu untuk membuat line kembali pada track dan sector di hardisk, kemudian menulis ulang struktur hardisk sesuai standart pabrik, jadi format seperti ini adalah format sebenarnya.
Fungsi dari LLF ini adalah :
1. Memperbaiki struktur hardisk yang rusak ke kondisi standart pabrik
2. Memperbaiki Bad Sector walau tidak 100 %
3. Meleyapkan virus partisi
4. Melenyapkan data agar sulit diangkat kembali
Beberapa uility yang bisa digunakan untuk melakukan LLF format adalah seperti Disk Manager, Ontrack, atau memnggunakan ulitiy dari pembuat hardisk tersebut.
Hight Level Format memang berbeda dengan Low Level Format, dengan melakukan format tinggi ini tidak akan berpengaruh pada hardisk tersebut, proses hight level format ini adalah proses pembuatan struktur file sistem, nantinya hradisk bisa digunakan untuk program dan data-data, contoh program format tinggi ini adalah DOS Format, setelah melakukan creat disk dengan FDISK, membuat struktur ulang data, partisi, boot sector dan file alocation table, Hight level format hanya bisa dilakukan jika hardisk terlah terpartisi. Fungsi dari HLF ini semacam baca tulis, tidak ada pengaruh langsung dari hardisk itu sendiri, jika ada rumor atau isu bahwa format bisa merusak hardisk itu bukan kerana formatnya namun lebih kepada kondisi hardisk, misal hardisk yang dalam kondisi sekarat, diformat juga belum tentu kembali normal namun malah lebih parah, ini disebabkan berbagai faktor, seperti listrik yang tidak stabil, atau MTBF ( Mean Time Between Failure ) alias masa umur hardisk itu sendiri, semua hardware mempunyai MTBF tersendiri tak terkecuali hardisk.
Utility untuk melakukan format ini di samping DOS Format, ada juga Partition Magic, Acronis, EASEUS Partition Manager, dan lain lain, baik yang versi gratisan maupun berbayar, semuanya mempunyai fungsi sama, membuat partisi dan memformatnya. jadi secara umum fungsi format adalah :
1.      Bisa memperbaik hardisk yang kena bad sector secara elektromagnetic bukan fisik
2.      Melenyapkan data secara tidak permanen.
3.      Membuat struktur ulang hardisk.

1 comment:

Silahkan tinggalkan pesan Anda, saran dan kritik yang membangun selalu kami harapkan demi kemajuan Blog ini