Tuesday, June 16, 2015

Bad Sektor



a. Bad Sektor
Adanya sektor dalam hard disk atau removable disk mengalami kerusakan sehingga tidak bisa lagi digunakan sebagai tempat penyimpanan data.
Penyebab
1.        Tegangan listrik yang tidak stabil, dengan daya listrik yang menurun secara tiba-tiba saat hardisk melakukan proses baca dan tulis, sehingga head akan terhenti mendadak dan bekerja mendadak saat daya listrik naik lagi secara tiba-tiba, dimana head dapat menggesek piringan hardisk pada komputer
2.        Melemahnya magnetik dari piringan hardisk dan kesalahan mekanis. Kemungkinan, daerah magnetik disk kehilangan magnet dan karenanya ketidakmampuan untuk menyimpan data.
3.        Akibat dari guncangan atau getaran, dimana saat anda mengoperasikan komputer, dan saat hardisk sedang melakukan proses baca dan tulis, bila terjadi goncangan atau getaran, dapat menyebabkan head akan menggesek piringan dari hardisk sehingga menyebabkan goresan pada piringan, sehingga terjadi bad sector pada hard disk
4.        Salah satu penyebab bad sector pada HDD disebabkan dari susunan file pada hardisk tidak teratur, sehingga head tidak teratur dalam membaca urutan file yang dibutuhkan sebuah aplikasi, yang lama-kelamaan head dapat menggesek plater dari hardisk dan mengakibatkan bad sector pada hardisk.
Yang perlu di ketahui bahwa bad sector tersebut memiliki kecenderungan untuk menyebar dan biasanya tidak dapat diperbaiki. Ketika Bad sector menyebar, dapat menyebabkan ketidakstabilan sistem ketika file sistem penting lainnya rusak. Namun beberapa software bisa membantu menangani masalah bad sector pada hard disk meskipun tidak semuanya bisa teratasi.
Selain itu bad sector pada hard disk juga bisa disebabkan oleh pemeriksaan Parity yang buruk saat menyalin bit pada disk. Pada hardisk modern data akan disimpan secara transparan dan akan menyimpan Parity bit bersama-sama dengan data. Ketika data dibaca, bit paritas juga diambil dan dibandingkan untuk menjamin integritas data. Hal ini berlangsung tanpa sepengetahuan user. Ketika bit parity rusak untuk beberapa alasan, kemudian akan berakibat pada kesalahan bad sector. Dalam hal ini, melalui beberapa perangkat lunak pemulihan proprietary, ADRC benar-benar bisa memperbaiki bad sector tanpa kehilangan data dengan mengoreksi atau menulis ulang bit-bit Parity yang rusak pada hard disk yang ada.
Solusi aman untuk Masalah Bad Sector Jika hard disk masih bekerja dengan baik, segera backup data penting untuk menghindari hilangnya data lebih lanjut. Jika sistem merespon kemacatan data saat anda mengcopy data yang penting itu berarti data anda ada tersimpan pada lokasi bad sector tersebut dan susah dikembalikan.
b.  Diagnosa
1.                  Loading HDD sangat lambat meskipun LED blinking menandakan ada aktifitas pembacaan, tapi blinking berulang-ulang, tanda ada bad sector. indikasi ini juga biasanya terlihat saat setup OS baru beberapa tahap sudah tidak terdeteksi sampai munculnya blue screen.
2.                   Komputer menjadi lambat, layaknya terkena virus. Komputer sangat lambat ketika mengeksekusi suatu perinah dari user. Berdasar pengalaman saya, banyak orang yang mengira hal ini disebabkan oleh virus, namun ketika OS di instal ulang. ternyata hasilnya sama saja! maka dapat dipastikan bahwa ada yang error dengan hardware komputer sobat, dan kemungkinan besar ada pada hardiks jika terjadi kondisi sepeti ini.
3.         Munculnya suara-suara aneh dari hardisk. Ketika anda menyadari sesuatu yang aneh dengan komputer anda, tidak ada salahnya untuk mencoba mendengarkan aktifitas yang terjadi di CPU sobat! kerusakan pada hardisk biasanya mengeluarkan suara-suara aneh. saya sendiri tidak bisa menggambarkan suara aneh itu, namun biasanya terdengar seperti berderit, atau bersiut
4.          Banyaknya file yang korup di dalam hardisk anda bisa jadi indikasi bahwa ada kejanggalan dihardiks sobat! maksud dari korupnya file ini bukan korup dari awalnya! namun sebelumnya file itu baik-baik saja! namun ketika terjadi ke err0\oran dalam hardisk file normal pun bisa korup

No comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pesan Anda, saran dan kritik yang membangun selalu kami harapkan demi kemajuan Blog ini